Lompat ke isi utama

Berita

Di Lamongan, C-Hasil dan Kotak Suara dimakan Tikus

kotak suara yang dimakan tikus tersebut diketahui kotak suara untuk TPS 5 dan TPS 6 Desa Trepan Kecamatan Babat

Jajaran Pengawas Pemilu di Kabupaten Lamongan menggalakkan Patroli Pengawasan Masa Tenang dan Persiapan Pemungutan Suara pada Pemilu Tahun 2024

Lamongan, Jajaran Pengawas Pemilu di Kabupaten Lamongan menggalakkan Patroli Pengawasan Masa Tenang dan Persiapan Pemungutan Suara pada Pemilu Tahun 2024, di semua jenjang Pengawas Pemilu Mulai Bawaslu Kabupaten hingga Pengawas TPS, Patroli ini diselenggarakan sejak tanggal 11 s.d 13 Februari 2024.
Dari Patroli ini, ditemukan ada logistik Kotak Suara yang dimakan tikus, ada stiker segel kotak suara yang rusak, ada kotak suara yang terkena air dan masih banyak yang lainnya.
Terkait kotak suara yang dimakan tikus tersebut diketahui kotak suara untuk TPS 5 dan TPS 6 Desa Trepan Kecamatan Babat, kejadian tersebut dilaporkan oleh jajaran Panwaslu Kecamatan Babat pada Selasa (13/02/2024) Pagi, sebelum pelaksanaan distribusi Logistik dari Gudang PPK di kecamatan Babat ke seluruh PPS di Desa Kelurahan disana.
“Ada dua kotak suara dimakan tikus, tikus tersebut merusak kotak suara dan C Hasil untuk DPR RI di TPS 5 Desa Trepan Kecamatan Babat” ucap M. Rofiq yang juga ketua Panwaslu Kecamatan Babat.
Kotak suara yang rusak tersebut dibahas oleh jajaran Pengawas Pemilu dan PPK Babat yang diteruskan ke Bawaslu dan diputus oleh KPU Lamongan untuk mengganti Kotak Suara TPS 5 dan 6 serta C-Hasil DPR RI untuk TPS 5, Pungkas Rofiq.
Disampaikan terpisah, maksud dari Patroli Pengawasan ini dilaksanakan untuk mencegah potensi Pelanggaran dan Sengketa Pemilu. 
“Patroli ini dilaksanakan untuk mencegah potensi pelanggaran dan sengketa Pemilu, karena bila langkah pencegahan ini tidak dilaksanakan secara maksimal, maka bila terjadi pelanggaran maupun sengketa pemilu maka kita semua juga nanti yang jadi lebih repot” Ucap M. Syamsul yang sekaligus Kordiv. HPPS.
Harapan Kami, khususnya dari Divisi yang mengampu Sengketa, semoga Pemilu Tahun 2024 kali ini tidak ada Permohonan Sengketa yang dimohonkan oleh Peserta Pemilu di wilayah Kabupaten Lamongan. Pungkas Syamsul.

JHON